Rakernas LDII: Buku Budidaya Kakau untuk Presiden

Dewan penasehat DPD LDII Kabupaten Jember, Ir.Arif Iswanto, M.Sc yang juga Dewan Kepakaran DPP LDII pada Rakernas LDII (10/10) di Jakarta memberikan buku budidaya kakau kepada Presiden Joko Widodo.

Kabupaten Jember termasuk yang berhasil dan menjadi rekomendasi pembelajaran dari berbagai wilayah dalam budidaya kakao.

Rakernas LDII yang dilaksanakan di Ponpes Minhajurrosyidin, Jakarta dan diikuti 1500 peserta dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

LDII menawarkan 8 rekomendasi kepada pemerintah sebagai solusi permasalahan bangsa, yakni: 1. Wawasan Kebangsaan; 2. Prinsip Dakwah dan Akhlak Bangsa; 3. Pendidikan Karakter; 4. Pangan dan Lingkungan Hidup; 5. Ekonomi Syariah; 6. Pengembangan Pengobatan Herbal; 7. Pemanfaatan Teknologi Digital Produktif; 8. Pemanfaatan Energi Baru-Terbarukan.

Ketahanan pangan menjadi isu yang sangat penting pada masyarakat. Kepakaran Arif Iswanto dari Jember memandang keberhasilan Jember dalam budidaya kakao patut untuk dicontoh oleh daerah lain di Indonesia.

Buku budidaya kakao yang diserahkan kepada Presiden Jokowi oleh Arif Iswanto diharapkan dapat menjadi salah satu sumbangsih LDII kepada bangsa.

Di bidang pangan, LDII juga mendorong kepada petani menggunakan teknologi tepat guna. Manajemen pertanian pangan. Dan penggunaan bibit unggul.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *