FKUB, Menjaga Toleransi di Jember Lebih Baik

14 Januari 2020

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Kabupaten Jember telah terbina dengan baik berkat adanya komunikasi yang baik.

Komunikasi para tokoh FKUB Kabupaten Jember pada 14 Januari 2020 di SMK Katolik Satya Chandika, Jember dihadiri dan mendapat apresiasi dari Kapolres Jember, AKBP Alfian Nurizal, SIK, SH, M.Hum.

Pertemuan Forum Silaturahmi Lintas Agama, aliran kepercayaan dan elemen masyarakat atau disingkat Sila Emas diiringi doa bersama untuk kedamaian dan keutuhan NKRI.

Sila Emas sebagai bentuk nyata kebijaksanaan lintas tradisi dan wawasan yang luas adalah sikap toleran dan terbuka demi perkembangan hidup bersama secara harmoni dan damai dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Ketua FKUB Jember, Gus Muis merasa prihatin dikalangan generasi muda sekarang kurang menjunjung toleransi. Perkembangan zaman mulai terkikis tradisi toleransi.

Sejumlah tokoh dari berbagai agama yang hadir dalam pertemuan itu, Gus Muis (FKUB), HM Misbahus Salam (Ketua Forum Pembaruan kebangsaan), Iganatius Sumarwiadi (Majelis Antar Agama), Romo Yulius A. Harianto (Pastur Kepala Paroki HTSPM), Sunardi (Ketua DPD LDII Jember) dan Romo Endi Ocarm (Romo Rekan).

Kapolres Jember AKBP. Alfian Nurrizal, S.H, S.I.K, M.Hum mengajak FKUB untuk bersama mewujudkan kedamaian di Jember. Jelang pilkada nanti, Kapolres juga meminta untuk bersama menjaga persatuan dan menciptakan pilkada damai. “ Kami menghimbau jelang pilkada Kabupaten Jember, tidak ada lagi penyebaran berita Hoax maupun ujaran kebencian”.

Kapolres akan berupaya maksimal dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat di Jember. Menurutnya, Jabatan Kapolres Jember adalah amanah yang wajib ditunaikan dengan nilai ibadah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *