Pengurus LDII Ngaji Asrama Shohih Bukhori

Sejarah mencatat Batullah adalah titik kiblat yang paling disenangi Rosulullah dan umat Islam sampai akhir zaman. Dalam pejalanan ibadah, Baitul Maqdis pernah menjadi kiblat kurang lebih 16 sampai 17 bulan lamanya.

Dalam tafsir shohih bukhori yang disampaikan Ustaz Abdul Syukur (29/2) di masjid Almanshurin, Jember.

Dalam asrama hadis shohih bukhori juz 6 bab tafsit halaman 26, dikisahkan seorang laki-laki bernama Abad bin Bisri yang melihat umat Islam yang sedang sholat shubuh di masjid Quba masih menghadap Baitul Maqdis.

Abad bin Bisri yang sebelumnya sholat bersama Rosulullah dan sahabat telah sholat menghadap Baitullah berkata:

“Wahai manusia, sungguh telah turun ayat Quran pada Rosulullah supaya sholat menghadap Baitullah. Maka kalian sholatlah menghadaplah baitullah.”

Mendengar perkataan Abad bin Bisri, manusia yang sholat menghadap Baitul Maqdis membalikkan wajahnya menghadap Baitullah.

Adanya Rosulullah dan kaum muslimin sholat menghadap Baitul Maqdis, saat itu Baitullah dikuasai kaum yang menyembah berhala dan di Baitullah banyak dibangun berhala-berhala.

Rosulullah dan sahabatnya diusir dari Makkah dan hijrah ke Madinah. Allah SWT memerintahkan untuk sholat menghadap Baitul Maqdis, dan Allah mengetahui Rosulullah dan sahabatnya lebih senang sholat menghadap Baitullah.

Maka Allah memerintahkan untuk kembali menghadap Baitullah. Tafsir sohih bukhori juz 6 dalam surat Al-Baqoroh ayat 142-145.

Secara rutin setiap bulan, DPD LDII Kabupaten Jember mengadakan kajian keilmuan dengan mengadakan asrama hadits Shohih Bukhori.

Akhmad Malik, Sekertaris DPD LDII menyampaikan, asrama Shohih Bukhiri ini diikuti segenap pengurus (ulil amri) dari tingkat PAC, PC dan pengurus DPD LDII di kabupaten Jember sebagai bentuk komitmen professional religius LDII.

Pengurus LDII diharapkan memahami dan menguasai ilmu Quran dan hadits. Sebagaimana disampaikan bahwa mengaji 1 hadits, walaupun belum diamalkan pahalanya membandingi sholat sunah seribu rokaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *