Menjadi Guru Berprestasi, Ali Harsojo Mengharumkan LDII

1

Ali Harsojo, terpilih menjadi juara pertama pada Festival Hari Buku Nasional (HBN) 2022. Ali Harsojo seorang guru berprestasi berusia 44 tahun asal Sumenep, Jawa Timur. Ia menulis artikel berjudul “Refleksi HBN: Luaskan Literasi Masyarakat, Berdayakan Komponen Penggerak.”

Pelaksanaan Festival HBN 2022 merupakan kerja sama Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dengan Dekranasda Jawa Timur.

“Alhamdulillah, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada kami,” ungkap Ali usai menerima penghargaan.

Menurutnya, sejatinya menimba ilmu ialah dengan cara membaca dan menulis. Bahkan, membaca dan menulis sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW. “Ketika pertama kali Rasulullah SAW menerima Wahyu dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril, apa yang dikatakan Malaikat Jibril pertama kali kepada Rasulullah SAW? Iqra’ (bacalah),” ungkap Ali.

Berkat hobi yang ditekuninya, ia memenangi puluhan kejuaraan dan penghargaan. Salah satu karya tulisnya ialah “Selamat Datang Mas Nadiem (2019)”. Selain mengajar, Ali juga aktif menulis di blog pribadi dan menjadi motivator di sejumlah komunitas literasi di Jawa Timur maupun nasional.

Ketua DPD LDII Kabupaten Jember, Akhmad Malik memberikan apresiasi atas prestasi yang membanggakan bagi LDII. “Ya, Ali Harsojo adalah salah satu warga LDII dari Sumenep, Madura,” kata Malik.

LDII selalu mendorong warganya di samping tekun, khusuk dalam ibadah juga supaya menjadi teladan di masyarakat.

“Kalau menjadi pelajar, maka jadilah pelajar yang berprestasi, minimal menjadi pelajar yang baik, rukun dengan teman dan menghormati gurunya. Kalau menjadi pekerja, jadilah pekerja yang memenuhi prinsip kerja yang bener-kurup-janji. Bener artinya kerjanya baik dan halal sesuai kemampuan, kurup artinya hasilnya (gajinya) sesuai kesepakatan dan janji artinya waktunya pas atau hasil pekerjaannya sesuai,” terang Malik.

1 thought on “Menjadi Guru Berprestasi, Ali Harsojo Mengharumkan LDII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *